S3 Dikdas Unesa Dorong Guru MINU KH Mukmin Sidoarjo Integrasikan Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s3pendidikandasar.pasca.unesa.ac.id/thumbnail/82f2ad8c-e70d-41fa-a637-49245cb088d4.jpg)
s3pendidikandasar.fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Sebanyak 27 guru di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) KH Mukmin Sidoarjo mendapatkan pelatihan dari Akademisi Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Pelatihan ini bertujuan untuk merancang pembelajaran yang mengintegrasikan literasi dan numerasi.
Pelatihan dilaksanakan selama sepekan, mulai dari 10 Juli 2023 hingga 17 Juli 2023. Kegiatan dimulai dengan pemberian materi dan diskusi tentang rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan literasi dan numerasi pada tanggal 10 Juli 2023. Selanjutnya, kegiatan dilaksanakan secara hybrid dengan agenda penyusunan modul ajar integrasi literasi dan numerasi, serta simulasi modul ajar di kelas hingga tanggal 17 Juli 2023.
Ada empat pemateri dalam pelatihan ini. Profesor Suryanti, Koordinator Program Studi (Koorprodi) S-3 Pendidikan Dasar Unesa, menjadi pemateri pertama yang menyampaikan materi tentang Inspirasi Pembelajaran dan Penilaian yang Menguatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi. "Pengembangan literasi dapat dilakukan dengan strategi belajar seperti menggarisbawahi kata atau frase penting, membuat catatan dan membaca catatan, meringkas, membuat pertanyaan berdasarkan bacaan, PQRS, membuat mind-map (peta pikiran), membuat diagram frayer, dan membuat tabel Tahu-Ingin-Pelajari (TIP)," kata Suryanti.
Pemateri kedua, Nadia Lutfi Choirunnisa, menjelaskan tentang rancangan pembelajaran terintegrasi literasi dan memberikan contoh modul ajar terintegrasi literasi di kelas tinggi.
Ummu Khairiyah melanjutkan dengan penjelasan modul ajar terintegrasi literasi di kelas rendah.
Duhwi Indartiningsih menutup sesi dengan penyampaian materi tentang pembelajaran terintegrasi numerasi. "Usai pelatihan, harapannya guru-guru bisa mengembangkan modul ajar integrasi literasi dan numerasi sehingga menunjang persiapan asesmen kompetensi minimum siswa," pungkasnya.
Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para guru MINU KH Mukmin Sidoarjo dalam mengembangkan modul pembelajaran yang lebih efektif dan komprehensif, sehingga mampu meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa secara optimal.
Penulis: Nelly
Dokumentasi: Tim Pelatihan